Cara Membuat Database MySQL via cPanel

Cara membuat database MySQL via cPanel - Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas cara membuat database MySQL via cPanel. Ini merupakan cara membuat database MySQL yang sangat mudah sehingga saya yakin teman-teman sudah bisa melakukannya sendiri. Meskipun begitu saya tetap akan membahasnya karena itu merupakan hasil belajar saya selama ini, itung-itung selain buat menghapal juga buat sharing pengetahuan sehingga apa yang saya pelajari selama ini tidak sia-sia. Benar bukan, teman-teman?

cara membuat database mysql via cpanel

Untuk melakukannya, kita perlu melakukan hal-hal sebagai berikut ini secara berurutan biar sukses:

  1. Login ke cPanel;
  2. Cari section Databases;
  3. Klik MySQL Databases;
  4. Masukkan nama database yang diinginkan ke kolom di bawah “Create New Database”;
  5. Masukkan nama user baru yang diinginkan ke kolom di bawah “Add New User” yang bisa ditemukan di bawah “MySQL User”. Untuk advance user boleh menggunakan user yang sudah ada, untuk novice sebaiknya bikin baru saja biar tidak terjadi kerancuan nantinya;
  6. Kemudian tambahkan user yang sudah dibuat diatas ke database yang telah kita buat sebelumnya dengan menggunakan kolom-kolom dropdown yang ada di bawah “Add User to Database” dengan memilih user dan database yang benar kemudian klik button “Add”;
  7. Kemudian tick “All Privilages” untuk penggunaan database yang umum, sedangkan untuk yang khusus silahkan pilih sendiri fitur-fitur mana yang akan diberikan privilagenya kepada user bersangkutan kemudian klik button “Make Changes”.

Demikianlah blog posting tentang cara membuat database MySQL via cPanel. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Import Database MySQL dengan Mudah

Cara Menghapus Database di MySQL via cPanel