Cara Membuat Tabel Database MySQL di XAMPP

Cara membuat tabel database mysql di xampp - Halo teman-teman kita berjumpa lagi di blogposting sederhana tentang cara membuat tabel database di XAMPP ini. Sebelum memulai bahasan ini, ada baiknya kita mengingat-ingat kembali apakah yang dimaksud dengan XAMPP itu? Menurut Apache Friends XAMPP adalah lingkungan pengembangan PHP paling populer. XAMPP adalah distribusi Apache yang benar-benar gratis dan mudah dipasang yang berisi MariaDB, PHP, dan Perl. Paket open source XAMPP telah diatur agar sangat mudah untuk diinstal dan digunakan. Nah, sekarang saya yakin teman-teman semua sudah mengingat dengan baik apa itu XAMPP karena kita akan memulai bahasan ini sekarang.

cara membuat tabel database mysql di xampp

Untuk tujuan pengembangan website, XAMPP sangat diperlukan karena dengan XAMPP kita bisa membuat website sebelum mengunggahnya ke webhosting. Dengan menggunakan XAMPP kita bisa memiliki webserver sendiri di PC sehingga bisa melakukan pengembangan website dengan mudah tanpa harus membeli paket hosting sebelum benar-benar memerlukannya.

Pada saat mengembangkan website menggunakan XAMPP terkadang kita perlu membuat tabel database mysql sendiri yang sebenarnya simpel untuk kita lakukan. Meskipun begitu ada juga diantara kita yang belum bisa melakukannya sendiri. Oleh sebab itu, kita akan share langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka page PHPMyAdmin dengan browser Anda;
  2. Buka database yang diinginkan atau buat baru;
  3. Buka tab Structure, dimana secara default akan terbuka pada kesempatan pertama saat database dibuka;
  4. Masukkan nama tabel yang diinginkan ke kolom "Name" tepat di bawah "Create table";
  5. Isikan jumlah kolom yang diinginkan ke kolom "Number of columns" kemudian klik "Go";
  6. Masukkan nama kolom ke kolom name diikuti dengan type, length/values, default, collation, dst sesuai dengan kebutuhan;
  7. Demikian itu dilakukan sampai semua kolom terisi dengan benar;
  8. Kemudian klik "Save", maka selesailah langkah-langkah pembuatan database mysql di xampp.

Demikianlah blogposting tentang cara membuat database mysql di xampp, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Import Database MySQL dengan Mudah

Cara Menghapus Database di MySQL via cPanel